
Kisi-Kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) 2025
Berikut rangkuman isi Kisi-Kisi Tes Kemampuan Akademik (TKA) 2025 dari dokumen Perkaban No. 45 Tahun 2025 tentang Kerangka Asesmen TKA SMA/MA dan SMK/MAK:
sumber : Perkaban No.45/H/AN/2025
1. Tujuan TKA
-
Menjadi penilaian terstandar nasional untuk mengukur capaian akademik siswa SMA/MA/SMK/MAK.
-
Digunakan untuk seleksi masuk perguruan tinggi dan dunia kerja dengan skor yang bisa dibandingkan lintas sekolah
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
.
2. Struktur Mata Uji
-
Mata Uji Wajib:
-
Bahasa Indonesia
-
Matematika
-
Bahasa Inggris
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
-
-
Mata Uji Pilihan (peserta memilih 2 sesuai minat jurusan/karier):
-
Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut
-
Matematika Tingkat Lanjut
-
Bahasa Inggris Tingkat Lanjut
-
Fisika, Kimia, Biologi
-
PPKn/Pendidikan Pancasila
-
Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Sejarah, Antropologi
-
Bahasa asing: Prancis, Jerman, Jepang, Mandarin, Korea, Arab
-
Produk/Projek Kreatif dan Kewirausahaan (khusus SMK/MAK)
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
-
3. Bentuk Soal
-
Soal tunggal: berdiri sendiri.
-
Soal grup: beberapa soal berbasis satu stimulus sama.
-
Tiga format soal:
-
Pilihan ganda sederhana (1 jawaban benar).
-
Pilihan ganda kompleks multiple choice multiple answers (jawaban benar bisa lebih dari satu).
-
Pilihan ganda kompleks kategori (jawaban pernyataan: benar/salah, sesuai/tidak sesuai)
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
.
-
4. Level Kognitif yang Diukur
Semua mata uji dirancang dengan tiga level kognitif:
-
Pemahaman (Knowing) → mengenali, mengingat, memahami konsep dasar.
-
Penerapan (Applying) → mengaplikasikan konsep dalam masalah nyata, melakukan perhitungan/analisis sederhana.
-
Penalaran (Reasoning) → berpikir kritis, menganalisis data/kasus, mengevaluasi, dan menarik kesimpulan
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
.
5. Kisi-Kisi per Bidang (contoh inti)
-
Bahasa Indonesia: fokus keterampilan membaca (informasi tersurat/tersirat, menyusun ulang, menilai opini, apresiasi teks).
-
Matematika: aljabar, geometri, peluang, statistika; menekankan pemahaman konsep dan penerapan pada masalah kontekstual.
-
Bahasa Inggris: pemahaman teks deskriptif, naratif, prosedur, eksposisi; tingkat kesulitan setara CEFR B1, sebagian A2 untuk variasi
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
.
-
Ekonomi: kelangkaan, permintaan-penawaran, pembangunan, inflasi, kebijakan fiskal-moneter, akuntansi dasar
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
.
-
Sosiologi: analisis fenomena sosial, konflik, ketimpangan, empati terhadap keberagaman
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
.
-
Sejarah: perubahan dan kronologi, analisis dampak kebijakan, Reformasi
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
.
-
Antropologi: etnografi, masyarakat multikultural, kearifan lokal, perubahan budaya
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
.
-
Geografi: fenomena geosfer, interaksi alam-manusia, mitigasi bencana
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
.
-
Bahasa Asing & Kewirausahaan: sesuai kompetensi dasar tiap bidang
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 …
.
6. Prinsip Penyusunan Kisi-Kisi
-
Kisi-kisi berbasis irisan Kurikulum 2013 & Kurikulum Merdeka.
-
Tidak seluruh isi kurikulum diuji, hanya materi inti yang esensial dan aplikatif.
-
Fokus pada kemampuan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah nyata, bukan sekadar hafalan
5512_Salinan Perkaban Nomor 45 ….
Berikut saya coba sajikan kisi-kisi dalam tabel
Mata Uji | Materi Utama | Kompetensi / Level Kognitif |
---|---|---|
Bahasa Indonesia | Membaca teks informasi & fiksi; eksplisit & implisit | Pemahaman, Inferensi, Evaluasi & Apresiasi |
Matematika | Bilangan, Aljabar, Geometri, Trigonometri, Data & Peluang | Pengetahuan, Aplikasi, Penalaran |
Bahasa Inggris | Teks deskriptif, naratif, prosedur, eksposisi (CEFR A2–B1) | Pemahaman, Inferensi, Evaluasi |
Bahasa Indonesia Lanjut | Membaca teks akademik, karya sastra, teks kompleks | Pemahaman, Inferensi, Evaluasi |
Matematika Lanjut | Aljabar, Geometri, Vektor, Kalkulus (limit, turunan, integral) | Pengetahuan, Aplikasi, Penalaran |
Bahasa Inggris Lanjut | Teks exposition & discussion (CEFR B1–B2) | Pemahaman, Inferensi, Evaluasi |
Fisika | Kinematika, Dinamika, Fluida, Gelombang, Termodinamika, Listrik | Pemahaman, Penerapan, Analisis & Evaluasi |
Kimia | Struktur atom, ikatan, stoikiometri, larutan, reaksi, organik | Pemahaman, Penerapan, Analisis |
Biologi | Sel, genetika, ekologi, evolusi, sistem organ, bioteknologi | Pemahaman, Aplikasi, Penalaran |
Ekonomi | Kelangkaan, permintaan-penawaran, inflasi, fiskal-moneter, akuntansi dasar | Pemahaman, Aplikasi, Analisis |
Sosiologi | Fenomena sosial, konflik, ketimpangan, keberagaman | Pemahaman, Analisis, Evaluasi |
Sejarah | Kronologi, perubahan, dampak kebijakan, Reformasi | Pemahaman, Analisis, Evaluasi |
Antropologi | Etnografi, masyarakat multikultural, kearifan lokal | Pemahaman, Analisis, Evaluasi |
Geografi | Geosfer, interaksi manusia-alam, mitigasi bencana | Pemahaman, Aplikasi, Penalaran |
Bahasa Asing (Prancis, Jerman, Jepang, Mandarin, Korea, Arab) | Membaca teks sesuai level CEFR | Pemahaman, Inferensi, Evaluasi |
Kewirausahaan (SMK) | Produk/Projek kreatif, inovasi, manajemen usaha | Pemahaman, Aplikasi, Analisis |
Kesimpulan:
Kisi-Kisi TKA 2025 menekankan pemahaman, penerapan, dan penalaran di semua bidang, dengan mata uji wajib (BI, Matematika, Inggris) serta 2 pilihan sesuai jurusan. Bentuk soal bervariasi (PG tunggal, kompleks MCMA, kategori) agar mampu mengukur keterampilan akademik mendalam, bukan hafalan semata.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kegiatan Ekskul untuk Peserta Didik OAP yang tinggal di Asrama
Kegiatan ekstrakurikuler untuk peserta didik OAP (Orang Asli Papua) yang tinggal di asrama menjadi salah satu bentuk pelayanan sekolah dalam mendukung pengembangan potensi mereka. Kegia
Tanya jawab seputar TKA 2025
Berdasarkan bagian Tanya Jawab dari video tersebut, berikut adalah ringkasan pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh para pembicara: TKA dan Tujuannya Apakah TKA meru
Permendikdasmen Nomor 9 Tahun 2025 tentang Tes Kemampuan Akademik (TKA)
1. Latar Belakang Pemerintah menetapkan TKA untuk menyediakan penilaian akademik yang terstandar bagi murid sesuai standar nasional pendidikan. Menggantikan Permendikbudristek
Pemeriksaan kesehatan dari Pihak Kesehatan oleh Puskesmas (PKM) Kurik
SMA Negeri 1 Kurik bareng PKM Kurik baru aja ngadain kegiatan pemeriksaan kesehatan yang seru sekaligus bermanfaat banget buat seluruh warga sekolah. Acara ini dibuka dengan sosialisasi
Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Guru Wali
Berdasarkan Permendikdasmen No. 11 Tahun 2025 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, khususnya Pasal 9, 14, dan 18, berikut kami coba buat rangkuman Tupoksi Guru Wali. 1. Dasar Hukum